Mengenal Buah Naga Merah

Buah Naga Putih
Buah naga atau yang juga populer dikenal dengan nama Pitaya, merupakan salah satu buah tropis yang unik. Tanaman buah ini digolongkan ke dalam keluarga kaktus. Buahnya memiliki kulit yang cerah dan dilingkupi dengan sisik berukuran besar. Tak hanya unik, rasa daging buah naga juga cukup nikmat. Jika Anda menyukai rasa manis yang dominan, cobalah mencicipi buah naga merah. Di antara jenis buah naga lainnya, varian dengan daging merah ini banyak digemari lantaran memiliki karakteristik rasa manis melebihi rasa asamnya. Buah naga merah atau yang dalam dunia biologi dikenal dengan istilah Holocereus Costaricensis ini tergolong cukup populer di Indonesia.

Ciri-ciri Buah Naga Merah


Menyangkut morfologi, buah naga merah kurang lebih sama dengan varian buah naga lainnya. Pohonnya merambat dan memiliki lapisan lilin pada permukaannya. Sistem budidaya buah naga merah juga sama seperti genera lainnya. Demikian halnya dengan kandungan senyawa penyusunnya, sama. Satu-satunya perbedaan buah naga merah dengan jenis lainnya terletak pada warna daging buahnya. Buah naga merah memiliki warna daging merah cerah. Untuk kondisi tertentu, buah naga denga warna merah pekat disebut Dragon Fruit Super Red. Buah naga jenis ini merupakan akar buah naga hitam atau black dragon fruit yang diperoleh dengan menggunkana tunas buah naga super red yang dipupuk dengan Black Natural yang ampuh menaikkan betakaroten dan berdampak pada warna buah yang semakin pekat menuju hitam.

Konsumsi Buah Naga Merah

 

Mengingat kandungan buah naga merah yang baik untuk kesehatan, tak ada salahnya untuk memasukkan buah ini ke dalam daftar konsumsi harian buah Anda. Jika Anda bosan mengkonsumsi buah naga merah secara langsung, dengan sedikit kreatifitas Anda bisa meracik buah naga agar lebih nikmat. Misalnya jus, campurkan buah lainnya agar lebih nikmat. Sebaiknya hindari tambahan gula agar khasiatnya lebih optimal. Kabarnya, buah naga merah ini sangat baik untuk mereduksi kadar gula dalam darah. Selain jus, buah naga merah bisa diolah menjadi cake atau bahan tambahan agar-agar dan juga jelly. Intinya, kembangkan kreatifitas Anda dan ciptakan resep baru dengan bahan buah naga merah. Sehat dan nikmat! Selamat mencoba.